Persahabatan

Diposting oleh Kung'z on Senin, 29 Agustus 2011

Persahabatan bagai kepompongMengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong

Hal yang tak mudah berubah jadi indah
(Sindentosca-Kepompong)

Sebait lagu diatas menggambarkan betapa pentingnya sebuah persahabat bagi kehidupan manusia. Manusia itu memang makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Mau bagaimanapun juga kita pasti membutuhkan seseorang yang berada didekat kita. Selain keluarga, biasanya yang berada didekat kita adalah sahabat.
Liburan adalah moment yang tepat bagi saya untuk berkumpul kembali dengan para sahabat-sahabat lama yang mungkin tidak bisa dilakukan pada hari-hari biasa. Seperti acara liburan lebaran kemarin. Biasanya sahabat-sahabat saya yang kuliah di luar kota pasti pulang kerumah. Dan akhirnya kami memutuskan untuk bertemu dan berkumpul kembali. Bersilaturahmi sekaligus mempererat kebersamaan kami.

Manusia memang membutuhkan sebuah jalinan persahabatan. Persahabatan sangat berguna untuk kehidupan seseorang. Menurut Gottman dan Parker (dalam Papalia, 2008) terdapat enam fungsi persahabatan, antara lain :


  1. Pendampingan (companionship), Persahabatan menyadiakan pasangan yang dikenal, seseorang yang bersedia menghabiskan waktu dan menikmati aktivitas bersama-sama.
  2. Stimulasi (stimulation), Persabatan menyediakan informasi yang menarik, kesenangan dan hal-hal yang menyenangkan bagi individu.
  3. Dukungan fisik (physical support), Persahabatan menyediakan sumber daya dan dukungan yang nyata. Sahabat akan mengulurkan bantuan yang diperlukan oleh individu.
  4. Dukungan ego (ego support), Persahabatan menyediakan harapan dan dukungan, pembesaran hati (encouragement), dan feedback yang membantu untuk mempertahankan impresi mengenai diri mereka sendiri sebagai individu yang kompeten, menarik dan berharga.
  5. Perbandingan sosial (social comparison), Persahabatan menyediakan infomasi mengenai bagaimana seseorang menghadapi satu sama lain dan apakah seseorang dapat menghadapi segala sesuatunya dengan baik-baik saja.
  6. Keintiman/kasihsayang (intimacy/affection), Persahabatan menyediakan hubungan yang hangat, dekat dan terpercaya dengan individu lain. Hubungan persahabatan melibatkan pengungkapan diri yag didasari oleh keintiman. Persahabatan dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih altruistic dan sensitive terhadapa perasaannya sendiri maupun perasaan orang-orang disekitarnya.

Dengan banyaknya fungsi dari persahabatan itu sendiri, maka tidak diragukan lagi bahwa sahabat itu merupakan suatu hal yang penting dalam hidup seseorang. For good times and bad times, they’ll be on your side forever more. That's what friends are for, right?

Sumber : http://fallenstarkawaii.blogspot.com/2009/11/persahabatan.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar